Selasa, 16 Desember 2014

Cara Ternak Kroto Semut Rangrang


Ternak Kroto 300x159 Cara Ternak Kroto Semut Rangrang
Ternak Kroto
Cara Ternak Kroto Semut Rangrang – Ternak kroto saat ini sudah menjadi bisnis yang menjanjikan, kroto merupakan makanan burungyang banyak dicari oleh para pecinta burung, oleh karena itu sekarang budidaya kroto mulai banyak peminatnya. berikut ini akan di jelaskan tentang cara ternak kroto semut rangrang.
Kroto adalah larva atau telur semut rangrang, biasanya banyak ditemukan di pohon-pohon besar sekitar rumah atau kebun. Kebutuhan akan kroto semut rangrang sangat besar karena banyak dimanfaatkan para pecinta burung sebagai pakan burung. Kroto mengandung banyak protein dan vitamin yang dibutuhkan seekor burung.
Harga kroto semut rangrang pun bisa dibilang cukup mahal, karena sampai saat ini kroto masih diambil dari pohon pohon besar, sehingga jumlahnya dipasaran masih sangat terbatas. Dengan kondisi seperti itu maka masih banyak peluang untuk menjalankan bisnis budidaya kroto ini. Sekarang ini banyak orang yang mulai membudidaya kroto atau ternak kroto. Cara ternak kroto pun bisa dibilang cukup mudah dan tidak memerlukan biaya terlalu besar.

Cara ternak kroto

Peralatan yang dibutuhkan untuk beternak kroto
- Toples dari plastik transparan atau kaca yang berukuran agak besar.
– Nampan Plastik yang lebih besar dari ukuran toples.
– Koran atau kertas untuk menutup lubang yang berada dibagian bawah toples.
– Solasi ban
– Kayu atau batu bata
Cara Ternak Kroto 300x159 Cara Ternak Kroto Semut Rangrang
Cara Ternak Kroto
Persiapan ternak kroto
  • Lubangi bagian bawah toples sekitar diameter 3 – 5 cm.
  • Masukan air ke dalam nampan untuk mencegah semut keluar dari toples.
  • Nampan yang telah terisi air diletakkan batu bata atau kayu.
  • Masukkan semut rangrang kedalam toples.
  • Supaya semut dapat membuat sarang di toples, tutup bagian atas dan bawah toples, bagian atas dengan tutup toples, sedangkan bagian bawah ditutup menggunakan kertas koran dan solasiban.
  • Lalu letakkan toples diatas batu bata atau kayu yang ada di atas nampan lalu buka penutup toples, pastikan posisinya pas supaya toples tidak mudah terjatuh ke nampan.
Pakan semut rangrang
Semut rangrang bisa diberi pakan berupa air gula yang sedikit kental dan bisa juga diberi pakan ulat kecil. Air gula bisa berfungsi juga untuk kebutuhan minum semut rangrang. Cara memberi pakan semut rangrang dengan menggunakan botol air mineral bekas yang dipotong sebagian kemudian diletakkan diatas toples. Cara ternak kroto cukup simple dan mudah dilakukan, untuk hasil kroto yang banyak bisa menggunakan 5 – 10 toples.
Mudah mudahan cara diatas bisa bermanfaat bagi yang ingin memulai ternak kroto. Apabila ada tambahan dan koreksi tentang cara budidaya kroto silahkan isi kolom komentar di bawah, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar